next message

3 Proses Utama dalam pembuatan Minyak kayu putih
By icawiley

Thursday Aug 3 9:37:40

Kita sering tidak memikirkan sesuatu dengan teliti dari awal pembuatannya yang begitu sulit dan lama dalam proses pengerjaannya, termasuk pembuatan minyak kayu putih yang sangat memerlukan waktu dan pengerjaan yang rumit dan lumayan lama. Adapun awal pengerjaan atau proses pembuatan minyak ini diawali dengan adanya bahan baku pembuatan minyak, yaitu pohon kayu putih (Melaleuca) yang diambil daunnya saja, dan pengolahan daun melaleuca ini dimaksudkan untuk mengekstrak minyak yang terkandung pada daun pohon tersebut.
Adapun cara yang digunakan melalui pemetikan dengan dua cara yang dilakukan :
1. Pemetikan dengan proses rimbas
Pohon melaleuca yang berumur sekitar 5 tahun, dengan tinggi menjulang sekitar 5 meter, kemudian daunnya di pangkas menggunakan alat tertentu yang steril. Dan setelah umur 1 tahun kedepan, daun pada pohon meleunca ini akan tubuh lagi daun dengan lebat dan dapat dilakukan perimbasan lagi.
2. Pemetikan dengan sistem urut
Cara ini sebenarnya sangat menjengkelkan, karena caranya yang di potong dengan arit pada daun yang dipilih dengan kondisi yang telah berusia cukup tua dan layak untuk di lakukan proses produksi selanjutnya. Cara seperti ini merupakan cara yang cukup rumit, karena sebelum di potong haruslah disortir dulu daun yang tua saja.
3. Daun yang telah di potong kemudian disimpan
Penyimpanan ini haruslah di atas dasar lantai yang kering dan dan situasi suhu kamar dan sirkulasi yang terbatas dengan lama penyimpanan yang optimal selama 1 minggu.
4. Siap untuk dilakukan penyulingan
Proses ini terbagi atas 3 dasar pengerjaan dengan berbagai alat khusus yang digunakan :
a. Pembuatan asap
b. Penguapan daun
c. Pendinginan serta pemisahan minyak dengan air
d. Pengemasan ke dalam botol dengan menggunakan alat yang steril dan ruangan yang higienis
Seperti itulah sepintas cara dalam pengerjaan minyak kayu putih untuk badan dan pada akhirnya sampai kepada konsumen dan siap untuk digunakan. Dengan begitu kita tahu bagaimana cara pembuatannya, sehingga tidak ada keraguan lagi untuk mempercayai bahwa minyak ini diproses secara baik dan benar, sehingga sampainya kepada konsumen kandungan zat di dalamnya terjaga dengan sedemikian baiknya.


[http://https://www.goapotik.com/jual-minyak-bayi-dan-anak.html]


Reply