next message

Terapi Pengobatan Rinitis Alergi
By sintar

Thursday Feb 16 11:11:47

Gejala rinitis alergi memang sangat mengganggu bagi penderitanya. Kurang tidur, kualitas hidup menurun, sinuitis, infeksi pada telinga, dan bagi yang punya asma dapat memperberat penyakitnya. Gejala yang tampak memang membuat pegidap rinitis alerg cukup menderita, seperti bersin yang tidak berhenti, batuk-batuk, nyeri di bagian wajah serta nafas yang berat. Jika anak-anak yang mengalaminya, para orang tua harus segera konsultasikan ke dokter alergi anak agar mendapat perawatan yang cepat dan tepat.
Penyebab rinitis alergi pada anak-anak sebenarnya bisa berbeda-beda. Bisa jadi karena dingin, debu, asap rokok dan sebagainya. Jika gejalanya tidak terlalu parah, obat-obat anti alergi yang banyak di pasaran dan apotik bisa membantu proses penyembuhan. Tentunya Anda sebagai orang tua harus tahu terlebih dulu seberapa parah alergi yang menimpa anak-anak Anda. Bisa jadi dalam pandangan orang tua tidak parah, namun sebenarnya dalam pandangan medis untuk anak seumuran tersebut sudah terkategori waspada. Oleh karena itu harus berkonsultasi dulu dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Jika memang sebelumnya sudah pernah berkonsultasi, maka untuk kasus alergi yang terjadi setelah itu, orang tua sudah mendapatkan gambaran bagaimana atau obat apa yang harus dibeli tanpa harus ke dokter terlebih dulu.
Biasanya obat-obatan yang sering dipakai untuk mengatasi bersin-bersin dan pilek adalah nasal kortikosteroid. Bentuknya bisa berupa obat semprot hidung yang berfungsi mencegah dan mengobati peradangan, termasuk juga gatal-gatal dan pilek karena alergi. Selain itu, obat yang cukup dikenal adalah antihistamin yang berbentuk pil. Contohnya adalah loratadin, CTM, cetirizin, dan lainnya. Fungsinya samad engan kortikosteroid, yaitu meringankan hidung gatal dan bersin.
Dekongestan juga termasuk obat alergi yang direkomendasikan. Bentuknya bisa tablet, semprot hidung dan sirup. Biasanya anak-anak yang mengalami alergi mengkonsumsi dalam bentuk sirup karena rasanya lebih “ramah” di lidah anak. Obat-obatan lain yang juga direkomendasikan adalah Cromolyn natrium, Leukotriene modifier, Nasal ipratropium dan lain-lain. Tentunya setiap orang berbeda obat yang cocok. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter anak agar obat yang diberikan tidak malah menimbulkan alergi baru.


[http://www.alergianak.com/tentang-dokter-kami]


Reply