next message

Berikan Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Anda
By lana

Friday Oct 19 10:59:04

Berikut merupakan cara membalut luka bakar yang dapat Anda lakukan untuk merawat luka bakar ringan (tingkat satu dan dua).
Pertama, mengguyur atau menyiram area tubuh yang mengalami luka bakar semisal luka bakar di kaki dengan air selama 10-30 menit atau sampai rasa sakitnya mereda. Ingat bahwa jangan menerapkan air es karena perubahan temperatur yang drastis seperti dari panas ke dingin dapat memperparah kerusakan di sekitar luka bakar dan menghambat proses penyembuhan. Catatan bahwa jangan memecahkan komponen kulit yang melepuh di kala Anda membersihkannya, sebab gelembung dari kulit yang melepuh tersebut sebenarnya melindungi kulit Anda dari infeksi.
Kedua, gunakan salep khusus luka bakar dan antibiotik supaya luka bakar yang terbuka tidak mudah terinfeksi. Salep antibiotik tidak dibutuhkan ketika gelembung kulit pada luka bakar belum pecah. Tetapi apabila sudah pecah dan luka bakar terbuka, gunakan antibiotik sesudah Anda selesai membersihkan luka bakar. Atau Anda bisa mengaplikasikan salep khusus luka bakar untuk meredakan nyeri pada luka bakar.
Ketiga, gunakan perban steril untuk membalut luka bakar agar terhindar dari infeksi. Balut luka dengan kain kasa secara perlahan dan rekatkan dengan plester medis seperti Hansaplast. Jangan lupa untuk mengganti kain kasa setiap hari agar kebersihannya tetap terjaga. Jangan pula memasangkan kain kasa ke bagian tubuh secara segera ke luka sebelum luka terbuka tersebut diberikan lapisan krim atau salep. Untuk menghilangkan bekas luka bakar dapat Anda berikan salep penghilang bekas luka.


[http://https://www.id.hansaplast.co.id/majalah/kesehatan-dan-perlindungan/pengetahuan-membalut-luka]


Reply